Sabtu, 03 Mei 2014

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

“Sungguh, tiada lagi manusia beruntung selain kakak-kakak yang berstatus mahasiswa STAN”

Itu sabda gue, Fuadianti Fakih, siswi kelas 12 SMA Negeri 24 Bandung, yang lagi nunggu kelulusan nih kembali dibimbangkan oleh seorang, eh salah, oleh sebuah instansi pendidikan yang ada dibawah naungan kementrian keuangan, ya, itu STAN.

Gue kenal STAN semenjak SMP. Pertama denger kata STAN itu dari sodara gue yang pernah berjuang buat bisa ngejalanin hari-harinya disana, iya di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Tapi dia ngga berhasil naklukin sebuah STAN yang maha dahsyat itu.

Semenjak itu lahirlah secerca yaelah secerca haha iya semenjak itu gue jadi penasaran tentang segala yang dimiliki STAN. Ya makin kesini, apalagi waktu gue udah jadi manusia putih-abu gue semakin paham tentang sekolah itu, sedikit demi sedikit yang lama-lama menjadi bukit *kata pepatah* mulai ada niat untuk berjuang, berjuang bersama ratusan ribu orang, ratusan ribu bro! ratusan ribu sist! Cuma buat ngerebut kurang lebih tiga ribu bangku yang ada disana. Kalo lo ngga punya iman kuat diharapkan jangan
berani-berani menjajal ini *naon atuh* Okey lewat, semua berhak untuk ikut USM STAN ini, yang  penting punya niat baik bukan?

Kalo dipikir-pikir, gue punya modal apa coba mau nantang STAN :’) 
Oh iya, gue punya satu yang pasti bakal bantu gue, yaitu Allah SWT, gue yakin Dia akan tuntun jalan gue, Dia bakal jalan disamping gue dan ngarahin kemana gue harus ngelangkah, dan gue yakin kekuatan Allah sejuta kali maha dahsyat dibandingkan STAN.

Eh tapi ya, selama semester 6 kemarin, gue move on loh dari STAN, selama itu gue fokus US, UPRAK, UN dan SNMPTN. Bolehkan sebut merk, hati gue mulai dicuri sama UNPAD dan POLBAN. 
Jadi sekarang hati gue kebagi 3 gais, eh 4 deng sama my bei, oh shit maaf, ini bukan lahan cowo. 
Jadi hati gue sekarang kebagi tiga, tapi bukan maksud gue egois, disisi lain gue ingin keterima SNMPTN & PMDK, tapi jauh di dalem lubuk hati gue, masih ada STAN, yang hati gue sendiri belom kuasa lepasin dia pergi.

Jadi konklusinya, sekarang ini ngga ada yang gue prioritaskan, tapi setelah tanggal 20 Mei & 27 Mei nanti konklusi ini pasti berubah. Semoga apapun yang terjadi, adalah yang paling baik buat gue. Amin.

Kemarin gue denger STAN fix dibuka, tinggal nunggu tanggal resminya, wah semangat gue buat belajar mulai bangkit nih, gue setelah beres nulis ini udah punya niat tulus mau belajar bener-bener sampe dalemnya itu materi TPA dan Bahasa Inggris. Semoga dilancarkan ya Allah, Amin.

Pokoknya gue bakal terus ikhtiar dan berdoa semampu gue, sambil nunggu semua hari penentuan masa depan gue di dunia dateng. Bismillahirrahmanirrahim..

By the way, lo yang dari tadi baca, kenal STAN ngga? FIX kalo lo ngga kenal nih ya, apalagi lo anak Sekolah Menengah Atas, lo ngga up to date banget! Nih gue bongkar dikit aja.

 Itu alamatnya, STAN Jakarta.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang biasa disebut STAN berada dibawah naungan Kementerian Keuangan dan dikelola oleh Badan pendidikan dan pelatihan keuangan (BPPK). STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang keuangan negara dengan spesialisasi tertentu.


Liat tuh keren kan kampusnya

Program studi yang diselenggarakan oleh STAN untuk lulusan SMU, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Diploma I dan III Keuangan dengan spesialisasi sebagai berikut :

Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Negara
Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
Prodip III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan
Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh STAN adalah :

Prodip IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)

Untuk Prodip I Keuangan lama pendidikannya 1 tahun (2 semester), bertempat di Kampus STAN Jakarta dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di 8 daerah, yaitu di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado. Untuk Prodip III Keuangan lama pendidikannya 3 tahun (6 semester), bertempat hanya di Kampus STAN Jakarta.

Cukup ya, udah dulu, gue mau prepare, ada janji nih sabtu malem, biasa :p
Doain gue ya semoga yang terbaik sampe di hidup gue, pokoknya "I love you full" buat yang udah doain, mwah! Bye.



1 komentar: