Jumat, 05 Juli 2013

Doraemon (ドラえもん)

Postingan pertama di bulan Juli ini, gue pengen bahas seputar robot kucing berwarna biru dari abad ke-22 yang namanya Doraemon.
Gak tau kenapa gue tiba-tiba ingin ngebahas ini, gue sukaaaa sama robot kucing ini, walaupun gue ga pernah sentuh dia sebagai robot, malah yg selalu gue sentuh itu kebalikannya, yaitu boneka..

Kalo dibilang gue ngefans sama doraemon sih iya, tapi gak fanatic. Gue bukan tipe orang yg 'bisa' bener-bener ngefans banget banget banget sama apapun, mau itu orang, benda, atau apapun, yang gue tau cuma, gue suka sama ini, gue suka sama itu, dan gak banyak hal gue suka. Oh iya gue juga suka sama pemilik robot kucing ini namanya Nobi Nobita.

Gue juga seneng kalo nonton filmnya, menurut gue setiap cerita dalam filmnya selalu punya
pesan tersendiri buat yang nonton nih, ada 5 yg gue paling suka..
Doraemon: Kisah Nobita dan Manusia Negeri Hijau
Doraemon: Nobita di planet binatang
Doraemon: Nobita di kerajaan awan 
Doraemon: Nobita dan labirin kaleng 
Doraemon: Nobita di Negeri Angin 

Yaudah, gue yakin siapapun lo yg baca ini belum tentu tau asal-usul sebenernya Doraemon tuh apa & siapa :p gue posting ulang informasi yg gue dapet dari mbah google, nih singkatnya aja..

- Nama Doraemon sebenarnya diciptakan dari 2 patah kata: Dora & Emon. Dora adalah seperti kucing jalanan dan emon adalah kata ganti untuk binatang jantan untuk bahasa tradisional Jepang. Jadi, maksud nama Doraemon adalah kucing jantan liar.
- Lahir pada 3 September 2112 di Pabrik Robot Matsushiba. 
- Nama sekolah Doraemon adalah Robot School
- Kurang lebih 4500 alat telah dikeluarkan dari kantong doraemon
- 1293 adalah nomor ajaib/angka keberuntungan Doraemon. Doraemon memiliki berat 129,3 kg & tingginya 129,3 cm. Ia bisa berlari dengan kecepatan hingga 129,3 km / jam ketika ketakutan & melompat 129,3 cm ketika terancam bahaya. Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Lingkar pergelangan tangannya 129,3 mm. Kakinya berdiameter 129,3 mm.
- Makanan kesukaannya adalah dorayaki.
- Doraemon memiliki kode produksi ternyata, yakni MS-903. Ini adalah nama asli Doraemon sebagai robot, & dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot di mana ia diproduksi.
- Tangan doraemon memiliki kekuatan adhesive & daya sedot yang luar biasa sehingga semua benda bisa dipegang oleh Doraemon. Teknologi yang digunakan pada tangannya yang sama dengan gaya gravitai bumi dalam skala mini. Inilah yang menjelaskan bagaimana tangan Doraemon yang bulat bisa memegang barang 
- Doraemon dan  Dorami disebut adik kakak, ini karena mereka berdua "dilahirkan" dari satu tangki minyak yang sama dan "Doraemon" lahir terlebih dahulu dari Dorami (2 tahun lebih tua), sehingga ia disebut "kakak", kemudian Dorami juga disewa oleh keluarga Sewashi.  

Kehidupan awal Doraemon tidak begitu baik. Ia adalah sebuah robot gagal yang dilelang kepada sebuah keluarga miskin yang terlilit utang, yang tak lain adalah keluarga keturunan Nobi Nobita di abad ke-22. Doraemon pernah menjalani masa-masa berat: Ia hanya menjadi penjaga bayi setelah gagal melewati ujian di akademi robot, kedua telinganya hancur setelah digigit robot tikus, catnya yg semula kuning, luntur menjadi biru akibat ulahnya sendiri. Sampai suatu ketika, keluarganya mengirimkan ia kembali ke masa lalu, kira-kira 250 tahun yang lalu, zaman dimana Nobi Nobita, leluhur keluarga ini, masih hidup di Tokyo,yaitu abad ke-20.

Doraemon tiba pada tahun 1969 pada hari tahun Baru jepang. bersama Sewashi, cicit Nobita. Ia keluar dari laci meja milik Nobita, dan sejak saat itu ia tinggal bersama Nobita, misinya adalah untuk mencegah Nobita menjadi orang gagal. Setiap kali Nobita tertimpa masalah, Doraemon akan segera membantu dengan alat-alat ajaibnya. Doraemon sangat menyayangi dan setia kepada Nobita.

Kelihatannya misi Doraemon berhasil, karena ketika mereka menjelajah ke masa depan, Nobita melihat dirinya menikah dengan Shizuka, bukan dengan Jaiko. Dia juga melihat keturunannya hidup dalam kondisi yang lebih baik daripada ketika Sewashi mengirim Doraemon dulu; bahkan keturunan Nobi mampu membeli robot yang "tidak gagal", Dorami.

Diceritakan dalam manga dan anime, Doraemon dan Nobita saling bekerja sama untuk memperbaiki kehidupan mereka masing-masing. Mereka saling bekerja sama dan tolong-menolong. Banyak juga cerita yang menampilkan kisah keberanian dan kegigihan mereka untuk mempertahankan persahabatan yang sudah mereka jalin.

Segini aja deh.. Tau gak? ini tuh bener-bener singkat bangeeet haha

2 komentar:

  1. jangan lupa ketika saatnya doraemon mati untuk selamanya dan akan di hidupkan kembali oleh nobita suatu saat nanti...

    BalasHapus
  2. Kamu suka doramon juga emang? haha

    BalasHapus